Ikuti juga Channel kami di Youtube


ENGLISH       INDONESIA

Kutipan-kutipan Stephen Hawking Tahun 2012

 

Tahun 2012 menjadi tahun istimewa bagi kosmolog dunia dan fisikawan paling berpengaruh di abad ini, Stephen Hawking. Penulis "A brief History of Time" dan "The Grand Design" ini merayakan ulang tahun ke 70.

Umur 70 adalah pencapaian tersendiri bagi Hawking. Ia divonis menderita kelainan motorik sejak usia 21 tahun. Dokjter mengatakan, ia akan meninggal dalam jangka waktu 5 tahun setelah waktu diagnosa itu. Nyatanya, ia berhasil survive hingga usia 70.

Cambridge University menggelar perayaan ulang tahun Hawking. Sementara Hawking yang saat itu sedang tidak sehat tak bisa menghadiri perayaan namun mengirimkan naskah pidato yang menginspirasi.

Dalam ceramahnya, Hawking berbicara tentang masa pertumbuhannya di St Albans. Seperti dikutip The Guardian, 8 Januari 2012 lalu, Hawking berbicara tentang pentingnya memiliki semangat dan tak mudah menyerah menghadapi hambatan.

"Selalu ingat untuk memandang tinggi ke bintang, bukan melihat ke bawah. Coba untuk mencerna apa yang kamu lihat dan tentang apa yang membuat semesta ada. Selalu penasaran. Dan betapapun sulit kehidupan, selalu ada sesuatu yang bisa dilakukan dan sukses," paparnya.

Bercerita tentang perasaan awal saat didiagnosa menderota kelainan motorik, Hawking merasa depresi. Namun, akhirnya dia sadar bahwa ia harrus bangkit. Ia mulai bekerja keras, menekuni fisika teoretik dan menikmatinya.

Ada dua kutipan khas Hawking di tahun ini. Dalam wawancara dengan majalah New Scientist, Hawking mengatakan bahwa misteri terbesar dalam hidupnya adalah perempuan. "Perempuan. Mereka benar-benar misteri," ungkap Hawking.

Hawking juga menyemangati generasi muda, terutama mereka yang tertarik dengan fisika. Ia mengatakan, jika ia menjadi fisikawan di abad ini, "Saya akan mencetuskan ide baru sehingga bisa membuka kajian baru."

Sementara itu, seperti dikutip Daily Mail, 7 Januari 2012 lalu, Hawking menyatakan optimismenya akan keberhasilan manusia mengolonisasi Mars. "Saya percaya bahwa kita suatu saat bisa membangun koloni yang berkelanjutan di Mars dan benda langit lain di tata surya," kata Hawking.

Hawking menuturkan, penting bagi manusia untuk mengolonisasi Mars atau benda lain di semesta sebagai upaya menyelamatkan diri. Mars adalah kandidat kuat dan butuh 450 tahun untuk pergi ke planet merah itu dengan teknologi saat ini.

Editor : yunan
Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/12/31/08583320/Kutipankutipan.Stephen.Hawking.Tahun.2012?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments

Jika Anda mendapatkan sesuatu, silahkan berikan sedikit komentar. Terimakasih, semoga rejeki menyertai setiap langkah Anda.